Sabtu, 17 Januari 2009

Landorundun (new version)

“Libur telah tiba! Libur telah tiba! Hore! Hore! Hore! Hore!,” Landorundum bernyanyi dengan cemprengnya saat menuju Kali Bacin.
“Yes! Gue dipecat jadi pembantu! Masa, kuku kaya Jessica Alba gini dipake buwad nyikat We_Ce, nyuci popok?Ih, norak banget la ya!Aduh, kok kulit kepala gue clekat-clekit ya?padahal gue baru ¾ bulan ga keramas, tapi kok gatel banget yah?Ahaa…gue kan bawa PEDITOX, ‘PEDITOX ampuh membasmi kutu’ tapi…lombo denk buktinya kutu di kepala gue pada idup lagi berarti kutunya cuma pingsan doankz dunkz…!,”romed Landorundun.
Sesampainya di Kali Bacin, Landorundun melepas jubahnya dan langsung renang estafet 4 x 400 m sebagai pemanasan bersama TIM UBALOKA yang lagi nyari mayat nyasar.
“Wah, kayanya tangan gue udah lentur nich, langsung keramas ah!
Kemudian, Landorundun mengeluarkan PEDITOX-nya dan mulai menggaruk kulit kepalanya. Begini bunyinya ″Grookk...Grookk...!
″Hatchiii!″
″Waduw, rambut gue kebedhul siji! Rambut panjang kaya gini biar ga nyandungin mending dililitin aja ke…ke…ke…a! itu ada sikat We_Ce yang nyangkut!″ dan Landorundun naroh tu sikat di atas batu kali.
Tiba tiba Landorundun perutnya mules banget gara-gara tadi pagi abis makan tempe peunyed sambel trasi
″Broooooooooooooooott…prepet prepet…cessss…tuuuuuuut…blokothok blokothok…Bueeellllllll! Kentut Landorundun dahsyat banget sampe-sampe jadi badai Ka-trina, bau uab entut yang minta ampyuuuuun kaya endhog woekan tu mbawa sikat We_Ce ke muara sungai dan jatuh di Pantai Nyi Roro Wetan, tempat Bendurana lagi istindja.


″Tuink!”, nyangkut dech tu sikat di p****t Bendurana.
″Waaah, kebetulan tadi emak gue ngomel-ngomel minta dibeliin sikat We_Ce!Gue embat ah! Lho, tapi kok ada rambutnya??gillllle…….., ni rambut apa meteran?!”tanya Bendurana
“Ciiiiiiiiit…..!”Gathotkaca yang lagi balapan bareng Nicky Hayden tiba-tiba ngerem mendadak.
“Monggo kulo dherekaken dumateng tiyang ingkang gadhah remo punika”tawar Gathotkaca (pake swarane Didik Fendy).
Seketika itu juga Bendurana langsung gandhulan di kumisnya Gathotkaca dan Gathotkaca langsung mabur tanpa elar menyusuri Kali Bacin untuk mencari siapa gerangan yang mempunyai rambut panjang kaya meteran itu. Karena Bendurana yang rada overweight, kumis Gathotkaca njepat di tengah jalan.
“Plung!” Bendurana jatuh ke sungai.Ia berusaha menepi sambil mbaca Asmaul Husna karena dia takut dimakan sama ikan Arapaima Gigas yang baru minggat dari Sungai Amazone.
Setelah di tepian, Bendurana bingung memilih 5 jalur jalan di depannya. Lalu ia memilih jalan dengan...
″Bang-bang tuh, jendela uwo-uwo, syapa yang kentut ditembak raja tuwo, tuwo-tuwo kaji, rambute gari siji!“ dan Bendurana milih jalan yang ditunjuk, yaitu jalan yang ada di tengah.
Di separo jalan, Bendurana istirahat ′n nanem pohon pete ajaib yang niscaya bisa bikin awet muda, Bendurana juga berharap di bawah pohon pete ajaib inilah dia akan berHoney-moon dengan bininya nanti.
Tiba-tiba Gathotkaca dateng sambil ndrememel ngomel-ngomel gomal-gamel ora nggenah,“Nuwun sewu, panjenengan punika punapa ta?Gandhulan kok mrosot kemawon, punapa panjenengan mboten ngraosaken menawi nginggil tutuk kula punika perih sanget, sampun abrit-abrit...“
″Ya udah sory-sory dech! abisnya kumis loe tuh yang licin banget. Loe lumasin pake minyak apa si? pake jelantah pow?,” sanggah Bendurana dengan tampang innocent.
″Panjenengan punika ngledhek kula nggih?kumis kula punika nglancir mencuti ati. Srikandhi mawon kepencut...Pokoke sinten mawon ingkang ningali kumis kula punika sami kepencut atine. Hee.....celong!“
″Nggih sampun mriki gandhulan malih wonten gada rujakpolone kula, cepengan ingkang kenceng nggih! Menawi panjenengan gigal malih, panjenengan badhe tak untal !.
Beberapa m/s kemudian, Bendurana dan Gathotkaca nyampe di tempat target yang empunya rambut yang panjangnya ‘angudzubillah itu. Bendurana dijatuhin tepat di depan Landorundun yang sedang dipetani oleh Tukang Petan yang sengaja disewa sama Landorundun.
″Subhanallah, Walhamdulillah, waLaillahaIlallah, Allahu akbar!“cletuk Landorundun sambil memejamkan mata, seluruh bulu di tubuh Landorundun sudah berdiri karena yang ada di pikirannya yang jatuh itu Siluman Kutu yang ingin balas dendam sama dirinya.
Setelah membuka mata Landorundun langsung sujud syukur karena ternyata yang jatuh itu hanya seorang manusia, bukan siluman kutu. Sementara Landorundun sedang sujud, Bendurana juga sedang sibuk meluruskan persendiannya yang mengsol akibat terjun bebas dari ketinggian kurang lebih 2500 kaki dari atas permukaan laut. Setelah mereka berdua selesai, terjadilah suatu peristiwa suci, abadi, keurendh, romantis, pokoknya sweet memory banget la bagi si Bendurana. Mereka saling berpandangan tanpa ada satu kedipan yang menyelip. Namun, tak lama kemudian mereka tersadar dan Landorundun bertanya pada Bendurana, ″Hey! Loe syape? Loe kesini mau ape? emang di sini mau ada acara ape? ape Loe tamunya Pak RT? apa ape-ape?, trocos Landorundun tanpa titik koma kaya Sussy di SITKOM OB.
“Aduhai rupanya di sini ada cewe mbahenol, mulus pula mukanya kaya bulan yang abis diplistur.” rayu Bendurana.
Mendengar rayuan Bendurana yang norak abis, Landorundun yang awalnya rada tertarik, jadi ilfeel.


“Wueex.. cuihh…!jijik dech!” tanggap Landorundun dengan bibir mencle.
″Waduw, neng jangan jutex-jutex gitu dunkz. Ga takut pipinya cepet ngglosor aliyas cepet tuex pow? By the way, situ tau ga syapa pemilik rambut ini?” tanya Bendurana yang sedang kesulitan njembreng rambut panjang itu.
“Ha?? Itu kan…… rambutku!” sentak Landorundun.
″Are you kidding?“ tanya Bendurana memastikan jawaban Landorundun dengan logat Bahasa Inggris yang dipelajarinya ketika Bendurana masih playgrup.
″Ha?? Loe tanya ape? kalo tanya sama orang itu pake bahasa Indonesia dengan ejaan yang baik dan benar jangan pake bahasa yang ga jelas gitu dunkz! Pasti dulu Loe sering remid Bahasa Indonesia ya?! Payah banget sih Loe! Contoh nih gue yang ga pernah remid bahasa Indonesia, gue remidnya selalu Bahasa Inggris, nilai bahasa Inggris yang paling tinggi yang pernah gue dapet seumur idup tu 50, tu aja dah mentog banget ‘n buwad dapet nilai 50 seluruh jiwa raga ‘n tumpah darah Indonesia dah gue korbanin!” seperti biasa Landorundun ngoceh kaya burung yang ga dikasih makan seharian
“Maksudku apa Loe serius kalo ini rambut punya Loe?”tanya Bendurana yang sedikit ngantuk karna denger ocehan Landorundun.
“Ough…! ngomong ke’ dari tadi…! Iya bener tu rambut emang punya gue. Lagian cewe mana sih yang punya rambut seindah itu selain gue?”balas Landorundun dengan sangat PD tanpa menyadari rambutnya adalah gudang kutu.
“Wow, paaasssss buangeeet gue emang udah nadzar kalo yang punya rambut ini adalah seorang cowo, bakal gue jadiin ajudan pribadi gue. Tapi, kalo yang punya rambut ini adalah seorang cewe, bakal gue jadiin bini gue yang ga bakal gue poligamiin. Loe ngerti kan maksud gue?...emm, Loe pasti mau kan terima suntingan gue?“ mohon Bendurana.
″Idih najis inggris cuihh... Ya gue jelas emmGa mau La!“ jawab Landorundun tanpa kompromi.
Sudah berulang-ulang Bendurana memohon kepada Lamdorundun untuk menerima suntingannya. Tapi, apa mau dikata ternyata cinta Landorundun tidak memihak padanya. Bendurana broken heart dan untuk mengibur hatinya yang sedang pilu ia menanam pohon pete ajaib lagi.
Suatu hari Bendurana sedang bertapa di bawah pohon pete ajaibnya itu, ia berharap mendapatkan wangsit dari Mbah Maridjan agar dapat mengambil hati Landorundun. Landorundun yang sudah lama mengincar pete milik Bendurana itu, mengendap-endap untuk mengambilnya. Ia tidak sadar kalau di situ ada Bendurana yang sedang bertapa. Ia langsung memetik pete menggunkan sengget yang sengaja dirancang oleh Adji Sengget Negoro .Namun, tiba-tiba pete yang sedang disenggetnya itu jatuh dan langsung menjatuhi kepala Bendurana
″Hey! syapa gerangan yang mempunyai selera makan sama dengan gue?Maju sini! Kita maen 1 lawan 1!“ bentak Bendurana seperti kilat yang menyambar di siang bolong.
Kemudian Landorundun muncul dengan wajah merah seperti tomat bosok. Ia mengakui perbuatannya. Bendurana yang tadinya marah mengetahui bahwa ada orang yang sedang berusaha mencuri pete kesayangannya menjadi tidak marah setelah tau bahwa yang mengambilnya ternyata gadis yang menjadi pujaan hatinya. Karena Landorundun telah bersalah, ia memasrahkan dirinya kepada Bendurana, ia berjanji akan menuruti semua ucapan Bendurana Dan ternyata Bendurana meminta Landorundun untuk menjadi bininya.
“Manis…,gue cuma minta Loe untuk menuhin permintaan gue yang pertama. Gue minta Loe harus mau jadi bini gue.” pinta Bendurana dengan tampang sangat optimis, karena Landorundun pasti akan memenuhi permuntaannya kali ini.
“Baiklah…tapi gue harus bilang ama emak gue dulu. Nanti gue dikira anak doerhaka lagi. Gue kan kaga mau jadi saudaranya Sangkuriang.”sahut Lamdorundun.


Sesampainya Landorundun di rumah, emaknya yang bernama Congor Muemblleh sedang melakukan terapi bibir. Kemudian, Landorundun menceritakan kepada emaknya apa yang terjadi padanya tadi. Congor muemblleh tersentak sampe-sampe bibirnya yang sedang dilakukan terapi malah jadi tambah muemblleh. Congor muemblleh menolak setengah mateng permintaan Landorundun yang sedang mencari restu untuk menikah dengan Bendurana. Landorundun bingung setengah mati bagaimana caranya untuk mendapatkan restu emaknya. Tiba-tiba terlintas di pikirannya untuk kawin lari.
“Ahaa…! Ape gue kawin lari aje ye?seenggaknya kawin lari kan lebih bagus daripada kumpul kebo. Ya..ya..ya.. gue tau nih gemana caranya kabur…liyat tanggal mainnya aja ! ucap Landorundun dengan lirih.
Keesokan harinya sebelum Congor muemblleh bangun, Landorundun menukar ember mandi yang biasa dibawa emaknya ke sungai dengan ember yang telah dilubangi kecil di bagian bawahnya. Tujuannya biar sewaktu Bendurana ngajak minggat Landorundun, emaknya itu belum nyampe rumah karena ember yang dibawanya itu ga penuh-penuh isinya. Setelah Congor muemblleh pergi ke Kali Bacin untuk mandi, Bendurana datang dan langsung membawa kabur Landorundun ke sebuah tempat untuk ngadain akad nikah.
Setelah berbulan-bulan Landorundun hidup dengan Bendurana, satu kalipun ia belum pernah tertawa. Landorundun kangen sama bibir emaknya yang muemblleh yang selalu menciuminya sebelum tidur. Hingga akhirnya terjadilah suatu momentum yang sangat mengejutkan dirinya. Tiba-tiba saja saat ia sedang melihat televisi, muncul nama Congor Muemblleh di acara INDAHNYA MUKJIZAT. Awalnya Landorundun mengira bahwa itu hanya nama yang kebetulan sama dengan nama emaknya, tapi setelah orang yang bernama Congor Muemblleh itu ditampilkan di layer televisi ternyata benar orang itu adalah emak Landorundun. Hal yang sangat mengejutkan dirinya adalah bibir emaknya yang tadinya super duper muemblleh berubah jadi bibir yang kecil, mungil, dan seksi. Dan seluruh penampilan emaknya dari ujung kaki ke ujung kepala juga ikut berubah. Sekarang emaknya itu seperti Sawajiri, seorang aktris Jepang. Di acara itu Congor Muemblleh menuturkan bahwa penampilannya berubah karena ia memakan pete ajaib yang tumbuh di dekat rumahnya. Gara-gara melihat perubahan yang terjadi pada emaknya itu, untuk pertama kalinya Landorundun tertawa kembali.

4 komentar:

PLANET KOMIK PURWOKERTO mengatakan...

mba ojo seneng nglamun mbok kesambet!!

itatheonlyone mengatakan...

Iya.. hehehehehe..

Armstrong da Jimmy mengatakan...

hehehe, kok ada versi cerita landorundun dengan anehnya disini yah?

hahaha... salam kenal...

:D

itatheonlyone mengatakan...

ini tugas dari skolah disuruh membuat versi baru cerita landorundun ^^

chat yuk


Free shoutbox @ ShoutMix